Upaya Untuk Mempermudah Sistem Penggajian di Perusahaan Anda

Updated: Sep 19

Sistem penggajian merupakan pekerjaan hal dasar bagi human capital, adanya kesalahan perhitungan yang banyak merugikan karyawan membuat sistem pengupahan perlu diperhatikan secara detail, apalagi pengupahan bisa mempengaruhi kinerja karyawan atau reputasi perusahaan.

Namun semakin berkembangnya jaman sejalan dengan kemajuan teknologi, Human capital diharapkan mampu mengelola sistem penggajian tersebut menjadi lebih akurat.


Permasalahan mengenai banyaknya waktu yang digunakan untuk mengelola pengupahan memungkinkan terjadinya kesalahan input atau menghimpun data, selain itu dengan banyaknya waktu yang digunakan untuk menginput data pengupahan otomatis pekerjaan lain bisa terabaikan.

Pekerjaan HR akan bertambah mengingat setiap karyawan juga akan melalui perhitungan pajak, bpjs dan pemotongan lainnya.

Secara umum perusahaan akan berusaha untuk menerapkan berbagai jenis pengupahan untuk memenuhi ekspektasi karyawannya. berikut penjelasannya.

3 JENIS PENGUPAHAN

Sebelum kita membahas sistem penggajian dengan menggunakan bantuan teknologi, kita akan membedah 3 jenis pengupahan yang bisa diterapkan di perusahaan saat memberikan upahnya. Menurut Igalens dan Roussel (1999) mengklasifikasikan kompensasi ke dalam 3 bagian

1) Fixed Pay Fixed pay merupakan pengupahan yang mana jumlah serta pembayarannya telah diterapkan oleh perusahaan sesuai dengan perjanjian kerjanya. Dalam penerapannya fixed pay meliputi

a. Gaji pokok. b. Tunjangan kenaikan jabatan c. Gaji ke-13 (THR)


2) Flexible Pay Merupakan gaji yang tidak pasti diberikan tergantung dengan perhitungan dan perilaku tertentu yang disesuaikan. Berikut yang termasuk ke dalam flexible pay:

a. Variable Pay. b. Deferred Income

3) Benefit Merupakan penggajian yang diberikan atas keuntungan tertentu yang diterapkan oleh perusahaan, jadi benefit ini juga bisa dijadikan sebuah daya jual perusahaan untuk mempertahankan karyawannya. Benefit ini dapat berupa:

a. Allowance (tunjangan). b. Reimbursement (penukaran pembayaran). c. Miscellaneous benefit (tunjangan mobil, rumah, telepon) d. Program kesejahteraan. e. Dana Pensiun.

Memang pada kenyataannya tidak semua perusahaan menerapkan berbagai jenis pengupahan di atas, namun setidaknya fixed pay akan dibayarkan oleh perusahaan.

Bagi perusahaan dengan jumlah karyawan yang sedikit pengupahan manual bisa dilakukan dengan mudah, namun bagi perusahaan yang memiliki SDM yang banyak dan kompleks jenis pengupahannya maka diperlukan otomasi untuknya.

Selain membantu pengupahan, pemanfaatan sistem pada pengelolaan HR dapat membuat keuntungan yang beragam, antara lain:

Keuntungan perusahaan dalam menggunakan HRIS

1. Meningkatkan Produktivitas HR Seperti yang kami tuliskan pada latar belakang untuk meningkatkan produktivitas HR bisa memanfaatkan HRIS, diharapkan pekerjaan HR lain yang memerlukan pengalaman indrawi manusia bisa dikerjakan lebih optimum

2. Optimasi meningkatkan akurasi HRIS juga dianggap mampu mengurangi adanya kesalahan tentang data karyawan, sistem juga sanggup mereduksi kesalahan minor manusia yang kerap muncul, baik penulisan redaksional ataupun angka-angka

3. Menghemat Biaya Perusahaan Konteks penghematan ini berlaku pada pengeluaran-pengeluaran perusahaan yang digantikan oleh adanya HRIS seperti penghematan kertas, efisiensi tempat penyimpanan file hingga hemat biaya pengadaan absensi dan biaya operasional lainnya.

4. Akses yang cepat dan fleksibel Penggunaan HRIS dengan pemahaman dan interpretasi yang jelas mengenai operasionalnya akan mempercepat proses yang menjadi tugas HR. Tugas dalam membuat sistem, menciptakan/mencari leader dan menerapkan mindset yang baik untuk perusahaan.

5. Data lebih aman dan terlindungi Data kini menjadi aset yang penting untuk perusahaan, pemanfaatanya untuk pembuatan keputusan atau informasi sensitif membuatnya menjadi penting. Terkait dengan manajemen data, penggunaan HRIS ini dapat dirasakan keuntungannya secara masif, mudah untuk mendapatkan informasi data karyawan baik data diri, performa, KPI, dan hal-hal lain. Perihal keamanan data, penggunaan sistem yang tepat atau dengan menggunakan vendor yang baiklah yang bisa menjamin keamanan data perusahaan.

6. Mengoptimalkan pengambilan keputusan Pengoptimalan pengambilan keputusan merupakan efek lanjutan karena pengorganisasian data yang baik, dengan mengakses melalui HRIS pengambil keputusan lebih mudah untuk mencarinya.

7. Meningkatkan kepuasan karyawan Peningkatan kepuasan karyawan ini terjadi karena kemudahan karyawan untuk beberapa hal, seperti mendapat informasi penggajian, pengajuan cuti, memonitor performa, penjadwalan, absensi dll. Semua kemudahan yang dijanjikan HRIS akan mudah diakses oleh karyawan.

Namun perlu diingat bahwa HR sebagai manajemen harus siap melakukan sosialisasi pengoperasian HRIS kepada seluruh karyawan, sehingga mampu optimal dalam pemanfaatannya, jika tidak maka akan memunculkan permasalahan baru dalam sistem penggajian nantinya.

WHA’S NEXT?

Pertimbangan untuk menerapkan HRIS telah kami paparkan di artikel sebelumnya (BACA DISINI), Selain pertimbangan tersebut ada satu hal penting lain yang harus diperhatikan dalam menerapkan HRIS.


Hal itu adalah proses pembuatan tools HRIS, perusahaan bisa membuat sistemnya sendiri dengan orang IT yang dipunya, namun tak jarang perusahaan memilih untuk menggunakan pihak ke-3 untuk mempermudah prosesnya.

Pemilihan vendor yang tepat dapat mempengaruhi banyak hal, atau ekstrimnya perusahaan tidak akan mendapat keuntungan yang telah kami jelaskan diatas apabila salah memilih, sehingga pemilihan ini harus dipertimbangkan dengan matang.

Kami menyarankan untuk menggunakan Trees Solutions yang telah berpengalaman dalam bekerja sama memenuhi kebutuhan IT perusahaan, perusahaan yang telah berdiri sejak tahun 2011 ini juga telah mendapat Oracle Platinum Partner Membership Certified in 2013. Trees Solutions menyediakan berbagai macam produk IT, layanan konsultasi, dan lain sebagainya, termasuk produk HRIS.

Trees Solutions membuat produk HRIS bernama HARPA, yang hadir sebagai solusi pembuatan sistem HRIS perusahaan anda.

HARPA menyediakan beberapa fitur untuk menunjang fungsi HR yang mencakup:

  1. Core HR

  2. Time & Absence

  3. Benefit

  4. Payroll

  5. Analytics

  6. Self-Service HR

  7. Etc

Setiap HR dari perusahaan memiliki kebutuhan yang beragam sehingga perlu adanya penyesuaian dalam pembuatan HRIS-nya, sehingga perlu juga konsultasi mengenai kebutuhan tersebut, Info selengkapnya anda bisa akses melalui treessolutions.com.

Source: https://hccon.id/upaya-untuk-mempermudah-sistem-penggajian-di-perusahaan-anda/

22 views